Daftar 7 Praktik Penganggaran Untuk Kesehatan Keuangan Anda

Dua hal telah membantu meningkatkan keuangan saya secara dramatis. Pertama, saya memutuskan bahwa saya perlu mendapatkan lebih banyak uang. Kedua, saya menyempurnakan dan mulai menggunakan praktik terbaik penganggaran yang berhasil bagi saya.

Anggaran adalah rencana untuk dibelanjakan berdasarkan pengeluaran, pendapatan, dan tujuan keuangan Anda. Anda memberi tahu uang Anda ke mana harus pergi dan membuatnya bekerja untuk Anda. Ada berbagai anggaran untuk kebutuhan individu setiap orang, dan Anda dapat menyesuaikannya.

Inilah mengapa saya menyukai penganggaran. Saya sangat yakin bahwa Anda dapat membuat kemajuan keuangan lebih cepat jika Anda memilikinya.

Mengapa praktik terbaik penganggaran penting untuk kesehatan keuangan Anda?

Penganggaran adalah kunci untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri. Jadi anggap saja seperti peta jalan menuju tujuan Anda.

Tujuan finansial untuk dapat menabung Rp. 100.000.000 dapat menjadi tujuan. Tetapi Anda masih memerlukan petunjuk tentang cara menuju ke sana.

Misalnya, Anda dapat mengambil sasaran Rp. 100.000.000 dan membaginya selama 12 bulan yang memungkinkan Anda mengetahui bahwa Anda perlu menabung setidaknya Rp. 8,333 jt per bulan. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara menabung sejumlah itu per bulan dan darimana itu didapatkan.

Menetapkan tujuan keuangan adalah bagian penting dari kesehatan keuangan. Ketika Anda menetapkan tujuan untuk diri sendiri, Anda tahu ke mana Anda ingin pergi karena, tanpa rencana, hidup akan berlalu begitu saja.

Menerapkan beberapa praktik terbaik penganggaran yang akan kami bagikan dalam artikel ini akan membantu Anda tetap bertanggung jawab terhadap sasaran Anda. Anda akan tahu berapa banyak uang yang Anda keluarkan dalam berbagai kategori.

Dan setelah Anda mengatur pengeluaran Anda, Anda dapat memutuskan di mana harus mengurangi dan mendapatkan lebih banyak untuk mencapai tujuan Anda.

7 Praktik terbaik penganggaran

Jadi Anda tahu mengapa penganggaran sangat penting dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda mencapai impian Anda, tetapi Anda mungkin bertanya pada diri sendiri harus mulai dari mana. Anda juga bisa frustrasi karena upaya penganggaran gagal yang Anda alami.

Tidak peduli bagaimana hal-hal telah dimainkan di masa lalu dengan penganggaran, Anda masih bisa berhasil. Berikut adalah tujuh praktik terbaik penganggaran favorit saya untuk membantu Anda memulai.

1. Tetapkan tujuan yang jelas

Menetapkan tujuan keuangan yang jelas adalah kunci untuk menjaga diri Anda tetap pada jalur dengan menganalisis pengeluaran Anda. Anda akan tahu berapa banyak uang yang Anda perlu simpan atau keluarkan untuk utang Anda dengan tujuan yang jelas.

Untuk menetapkan tujuan yang jelas, saya selalu merekomendasikan Metode Sasaran SMART. Ini singkatan dari:

Spesifik: Hasil yang jelas dari apa yang ingin Anda capai.

Metode: Cara Anda mengukur kemajuan tujuan Anda.

Achievable: Pastikan tujuan yang Anda tetapkan itu mungkin.

Realistis: Pastikan rencana itu praktis untuk keadaan hidup Anda.

Tepat waktu: Garis waktu terperinci tentang kapan Anda akan menyelesaikan tujuan Anda.

Contoh tujuan SMART adalah fakta bahwa saya menabung sejumlah X uang untuk tas GUCI. Ini memenuhi semua standar yang tercantum di atas, dan saya dapat menetapkan daftar tugas yang dapat ditindaklanjuti untuk menyelesaikannya.

Namun, tujuan SMART dapat terkait secara finansial atau bahkan pribadi yang ingin Anda capai. Menggunakan metode sasaran SMART sebagai salah satu praktik penganggaran terbaik saya berarti saya tahu apa yang harus saya fokuskan.

2. Perjelas pengeluaran Anda dengan pengeluaran variabel dan non-variabel

Untuk mulai mengalokasikan uang Anda ke kategori dalam anggaran Anda, pertama-tama Anda harus tahu persis ke mana uang Anda pergi.

Dalam anggaran apa pun, Anda perlu mengetahui dua jenis pengeluaran:
Pengeluaran non-variabel vs. Pengeluaran variabel

Pengeluaran non-variabel adalah pembayaran yang tidak pernah berubah, seperti sewa Anda. Kemudian Anda memiliki pengeluaran variabel yang berfluktuasi, seperti bensin, bahan makanan, dan pakaian.

Menggunakan ini sebagai salah satu praktik terbaik penganggaran Anda akan membantu Anda mengetahui di mana harus mengurangi. Anda dapat mencatat berapa banyak yang Anda belanjakan di setiap kategori selama beberapa bulan, atau bahkan melihat ke belakang selama setahun terakhir.

Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda dapat menyusun anggaran dari sana berdasarkan angka realistis.

3. Temukan sistem penganggaran yang sesuai untuk Anda

Saya sangat percaya bahwa ada gaya penganggaran untuk semua orang. Setiap orang berbeda dan membutuhkan rencana uang unik mereka untuk membawa mereka ke mana mereka harus pergi.

Misalnya, anggaran saya saat ini berbasis nol, tetapi ketika saya ingin lebih berhemat, saya akan beralih menggunakan amplop uang tunai. Saya bukan pemikir abstrak yang hebat, jadi anggaran yang meninggalkan banyak area abu-abu tidak cocok untuk saya.

Jenis penganggaran lain yang dapat Anda coba adalah metode 50-30-20 atau bayar sendiri terlebih dahulu. Bereksperimenlah dengan anggaran yang berbeda sampai Anda menemukan yang tepat untuk tahap kehidupan dan kepribadian Anda saat ini.

4. Ingatlah untuk membayar diri Anda terlebih dahulu

Ya, ada anggaran sebenarnya yang disebut metode bayar diri sendiri terlebih dahulu, tetapi Anda harus membayar diri sendiri terlebih dahulu berapa pun anggaran Anda.

Ini juga bisa terlihat seperti memastikan Anda memiliki dana darurat yang cukup disisihkan atau melakukan pembayaran kartu kredit saat Anda menerima gaji.

Jadikan masa depan Anda bangga dan urus hal-hal ini sebagai bagian dari praktik penganggaran terbaik Anda.

5. Ciptakan ruang dalam anggaran Anda untuk pengeluaran lain-lain

Kita tidak bisa memprediksi masa depan. Saya tahu; Saya baru saja mendengar erangan terdengar dari layar komputer Anda.

Anda mungkin berkata, “Maria, apa gunanya membuat tujuan keuangan jika Anda mengatakan bahwa kita tidak dapat memprediksi masa depan?” Kita tidak bisa mengetahui masa depan, tetapi kita tahu hal-hal terjadi.

Pada akhirnya, mobil akan membutuhkan penggantian oli atau ban baru. Kucing Anda mungkin mengeong begitu keras sehingga Anda memutuskan untuk membawanya ke dokter hewan (bukan karena saya berbicara berdasarkan pengalaman atau apa pun).

Intinya adalah hal-hal itu memang terjadi, itulah sebabnya Anda harus membuat kategori lain-lain.

Bila Anda menggunakan ini sebagai salah satu praktik terbaik penganggaran Anda, cegukan ini tidak akan menggagalkan kemajuan keuangan Anda.

6. Lakukan check-in rutin dengan anggaran Anda sesering yang diperlukan

Saat Anda mulai membuat anggaran, Anda mungkin kewalahan melacak pengeluaran Anda. Inilah sebabnya mengapa penting untuk check-in sesering yang diperlukan untuk melihat ke mana uang Anda pergi.

Anda akan dapat mengevaluasi pengeluaran Anda secara real-time alih-alih melakukan pengendalian kerusakan di akhir bulan.

7. Sesuaikan anggaran Anda saat hidup atau pendapatan Anda berubah

Kami telah menyebutkan hal-hal yang terjadi, jadi dalam hal ini, jangan ragu untuk mengubah anggaran Anda. Jika Anda memutuskan untuk memutar arah hidup Anda, masuk akal jika anggaran lama Anda tidak sesuai dengan kebutuhan baru Anda.

Atau jika Anda mendapatkan kenaikan gaji atau pekerjaan baru yang memengaruhi penghasilan Anda, ini juga bisa menjadi penyebab perubahan anggaran.

Anggaran seharusnya tumbuh untuk membuat Anda tetap pada jalur dengan apa pun yang Anda inginkan, atau butuhkan, untuk dicapai.

Keuntungan utama menggunakan praktik terbaik penganggaran ini

Menggunakan praktik penganggaran terbaik yang telah kami sebutkan memiliki beberapa keuntungan yang pasti. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda.

Lunasi hutang

Penganggaran dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan mengetahui berapa banyak uang yang harus Anda simpan atau gunakan untuk berhutang.

Anda akan mencapai kebebasan utang lebih cepat ketika Anda meningkatkan anggaran Anda dan mencari cara untuk menambah kategori pembayaran utang Anda.

Kendalikan pengeluaran Anda

Dengan menyiapkan anggaran, Anda menetapkan setiap dolar ke kategori yang membantu Anda mengontrol pengeluaran Anda.

Memiliki rencana untuk pengeluaran Anda dan menaatinya akan membuat Anda kagum pada berapa banyak uang yang tersisa di akhir bulan untuk digunakan untuk hal-hal yang penting.

Lebih hemat

Ketika saya memotong barang-barang tertentu dari anggaran saya, seperti dekorasi rumah atau membeli stiker untuk perencana saya, saya dapat menghemat lebih banyak. Dana yang tersisa digunakan untuk mimpi yang lebih besar yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri.

Saya sedang mengerjakan pembelian mewah pertama saya, Tas GUCI. Anggaran dapat memastikan Anda mencapai tujuan keuangan apa pun seperti liburan, proyek perbaikan rumah, atau bahkan mobil baru.

Jangan menyerah pada praktik terbaik penganggaran Anda

Saya dapat mengatakan kemungkinan akan ada saat ketika Anda ingin menyerah. Anda mungkin mengeluarkan terlalu banyak uang, terlalu banyak hal terjadi sekaligus, atau terjebak dengan pengeluaran baru yang tidak Anda andalkan.

Atau mungkin rumah yang ingin Anda selamatkan mungkin tampak di luar jangkauan, atau Anda merasa tidak akan pernah bisa melunasi hutang Anda. Ketika ini terjadi, jangan menyerah.

Cobalah metode yang berbeda, sesuaikan kategori, atau dapatkan lebih banyak penghasilan untuk membantu saat Anda tidak dapat mengurangi lagi. Anda dapat melakukan ini sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang Anda cintai.

Leave a Reply