Kamis, Juli 7, 2022

Cara Mendapatkan BANSOS Ramadhan 1443 H

Kanalbdg.com – Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masih bingung apakah namanya terdaftar dalam daftar calon penerima BANSOS Ramadhan bisa melakukan pengecekan dengan mengikuti langkah-langkah seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan BANSOS Ramadhan ini adalah bagian dari program BPNT 2022 yang akan dicairkan secara tunai oleh pemerintah melalui Kemenkeu dan bekerjasama dengan PT POS yang ditunjuk sebagai instansi penyerahan dan penyaluran dana bantuannya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Ditahun 2022 ini, Kemensos merubah sistem penyaluran bantuannya dengan cara sistem tunai yang bisa dicairkan melalui kantor pos.

Dan berikut adalah langkah-langkah pengecekan apakah nama anda sudah terdaftar atau belum sebagai calon penerima manfaat dari BANSOS Ramadhan 1443 H

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka browser yang ada di Handphone anda
  2. Pada Kotak pencarian ketikkan link cekbansos.kemensos.go.id atau anda bisa langsung klik link berikut ini https://cekbansos.kemensos.go.id
  3. Tunggu berapa saat sampai muncul tampilan DTKS untuk Cek Bansos Kemensos berupa form pencarian data PM (Penerima Manfaat) Bansos Ramadhan
  4. Pilih Wilayah Penerima Manfaat mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa secara lengkap
  5. Selanjutnya masukan Nama Penerima Manfaat (PM) yang sesuai dengan KTP
  6. Isi kolom Capcha dengan benar dan kemudian klik tombol “Cari Data”. Hati-hati ketika mengisikan capcha karena kalau ada yang salah maka anda harus mengulang lagi dari awal
  7. Tunggu beberapa saat sampai muncul daftar penerima manfaat dan silahkan cek apakah nama anda sudah tercantum sebagai calon penerima atau belum, pastkan namanya sesuai sehingga anda bisa menerima bansos.

Harus di ingat bahwa data yang muncul merupakan data yang sebelumnya sudah terdaftar atau didaftarkan oleh petugas yang di tunjuk dan daftar yang muncul merupakan daftar sesuai wilayah yang sebelumnya anda tentukan pada kolom isian sebelumnya.

Ketika nama anda tidak muncul dalam daftar tersebut, maka anda harus mendaftarkan diri untuk dapat menerima bansos dari Kemensos. Dan untuk pendaftarannya anda bisa mengikuti panduan melalui link berikut : Cara daftar bansos online. Ini merupakan proses pendaftaran bansos usulan kepada pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.