Begini Cara Menonaktifkan Tanda “Read” di Aplikasi Message iPhone Dengan Mudah

Bagi anda pengguna iPhone tentu sudah terbiasa dengan fitur tanda terima telah dibaca atau “Read” pada aplikasi Messages bawaan poduk Apple dimana tidak semua orang khususnya yang menghargai privasi menyukainya dan anda bingung bagaimana menonaktifkannya.

Ada beberapa alasan mengapa anda ingin menonaktifkan tanda “Read” di aplikasi Messages bawaan iPhone. Mungkin ada orang tertentu yang anda coba hindari, atau mungkin anda lebih suka dibawa kembali ke hari-hari SMS yang lebih sederhana di Nokia lama Anda. Apa pun alasannya, iOS memudahkan untuk menonaktifkan tanda “Read” di aplikasi Messages, terlepas apakah anda menjalankan iPhone 13 atau model sebelumnya.

Tanda “Read” sebenarnya sangat berguna untuk sebagian orang karena akan memberi tahu orang-orang ketika Anda telah melihat pesan masuk tersebut, yang dapat membantu ketika anda tidak ingin membuat orang lain khawatir dan bertanya-tanya apakah Anda telah melihat teks mereka atau belum.

Berita baiknya, Anda masih dapat mengaktifkan kembali tanda “Read” untuk nomor kontak tertentu, sehingga anda masih bisa membuat pengecualian. Dan tentu saja, cara menonaktifkan tanda “Read” di iPhone sangat mudah, dan kami akan memandu anda dengan langkah-langkah nya dibawah ini.

Cara mematikan tanda “Read” di aplikasi Messages iPhone dengan mudah :

1. Buka aplikasi Settings, lalu gulir ke bawah dan ketuk Messages.

2. Gulir ke “Send Read Recipts” dan ketuk toggle sehingga berwarna abu-abu. “Send Read Recipts” sekarang sudah¬† dimatikan untuk setiap kontak yang ada di perangkat iPhone anda. Untuk mengaktifkan kembali “Send Read Recipts” untuk masing-masing kontak yang anda kecualikan, lihat bagian kedua dari panduan di bawah ini.

Cara mengaktifkan “Send Read Recipts” di iPhone untuk kontak tertentu :

1. Buka kontak yang akan anda aktifkan fitur “Send Read Recipts” di aplikasi Messages dengan mengetuk ikon kontak.

2. Selanjutnya, ketuk toggle pada “Send Read Recipts” sehingga berwarna hijau untuk mengaktifkan “Send Read Recipts” untuk kontak tersebut.

Sangat mudah bukan dan dipastikan anda cukup sekali saja membaca panduan tersebut, Sekarang setelah Anda mengetahui cara mematikan tanda “Read” di iPhone, silahkan berkunjung kembali ke blog ini untuk membaca panduan-panduan sederhana lainnya yang mungkin belum anda ketahui.