5 Cara Untuk Menyelesaikan Masalah Umum Pada Browser

Bagi sebagian besar dari kita, browser web adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, memberi kita akses ke semua keajaiban yang ditawarkan internet: Berita, media sosial, musik dan video, email, dan yang lainnya.

Jadi wajar jika ada yang salah dengan browser Anda, kesalahan itu akan berubah menjadi masalah besar bagi Anda. Kabar baiknya adalah selama Anda tahu apa yang Anda lakukan, mencari tahu apa yang salah tidak harus terlalu sulit.

Langkah-langkah dasar untuk memecahkan masalah browser adalah sama, jadi apa pun masalah Anda, Anda harus mulai dengan mengerjakannya satu per satu. Kami telah berfokus pada browser desktop di sini, tetapi Anda juga dapat menyesuaikan tips ini dengan cukup mudah untuk versi aplikasi seluler mereka.

5 Cara Untuk Menyelesaikan Masalah Umum Pada Browser

Update atau instal ulang browser

Jika Anda masih berusaha untuk membuat browser bekerja secara normal, hapus instalannya dari sistem, lalu unduh dan instal lagi. Ini akan memastikan Anda menjalankan versi perangkat lunak yang bersih dan terbaru, dan harus menyingkirkan semua file atau opsi sementara yang mungkin rusak.

Di Windows, Anda dapat menghapus instalan browser dengan membuka Pengaturan dari menu Mulai, lalu memilih Aplikasi, lalu Aplikasi dan fitur—klik tiga titik di samping browser Anda, lalu Hapus Instalasi. Di macOS, seret ikon browser dari tab Aplikasi di Finder ke ikon Sampah di dok untuk menghapusnya dari disk. Anda kemudian dapat melompat online dan mengunduh browser Anda lagi.

Salah satu fitur yang ditawarkan Firefox yang tidak Anda dapatkan di browser lain adalah alat penyegaran. Ini seperti melakukan reset pabrik pada ponsel Anda, dan ini membawa semua pengaturan dan informasi tambahan kembali ke keadaan semula, tanpa Anda harus melalui kerumitan mencopot pemasangan peramban dan memasangnya lagi. Untuk mengaksesnya, klik tombol menu (tiga garis, kanan atas), lalu pilih Help, More Troubleshooting Information dan Refresh Firefox.

Bersihkan cache

Browser biasanya menyimpan bagian situs web tertentu yang disimpan di perangkat Anda—file ini disebut cache. Misalnya, jika gambar latar di situs web tidak berubah, tidak ada gunanya mengunduhnya setiap kali Anda mengunjunginya. Beginilah cara cache membantu browser Anda memuat situs lebih cepat. Namun, masalah terkadang dapat muncul jika database cache entah bagaimana rusak.

Ini bisa berarti Anda akhirnya melihat halaman web versi lama atau mengalami masalah saat menggunakan komponen interaktif di situs. Yang terakhir terjadi karena browser Anda bisa bingung apakah harus memuat kode yang lebih baru dari web atau kode yang lebih lama dari disk.

Solusinya adalah mengosongkan cache browser Anda dan memulai lagi dari awal. (Kiat pro: sebaiknya lakukan ini secara teratur baik Anda mengalami masalah atau tidak.) Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukannya di browser, Anda seharusnya dapat menemukan petunjuk di web. Di Safari, misalnya, pilih Safari, lalu buka Preferensi, Privasi, dan Kelola Data Situs Web. Setelah Anda berada di sana, klik tombol Hapus Semua.

Periksa Add-On Browser

Tidak ada yang mengacaukan browser lebih baik daripada ekstensi, yang berarti bahwa jika ada yang tidak beres saat Anda menjelajahi web, mungkin ada add-on yang harus disalahkan. Mulailah dengan menuju ke daftar ekstensi browser Anda dan menilai mereka. Mereka seharusnya mudah ditemukan di browser apa pun, tetapi jika Anda menggunakan Google Chrome, klik tiga titik (kanan atas), lalu buka Alat lainnya, dan Ekstensi.

Pertama-tama, kami sarankan untuk mencopot pemasangan ekstensi apa pun yang tidak lagi Anda gunakan untuk mengurangi kembung pada peramban, dan menghapus kode yang berpotensi kedaluwarsa yang menyebabkan masalah. Anda harus terus memulai ulang browser Anda—dan idealnya komputer Anda—setiap kali Anda menghapus satu atau lebih ekstensi. Ini akan membantu Anda melihat apakah perubahan yang Anda lakukan berpengaruh.

Saat Anda menggunakan ekstensi utama yang benar-benar Anda gunakan, hapus instalannya satu per satu untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika Anda menemukan ekstensi yang harus disalahkan, lihat apakah ada alternatif yang tersedia, atau hubungi pengembang browser untuk dukungan lebih lanjut.

Buka pengaturan browser Anda

Pengaturan pada browser Anda terkadang dapat menyebabkan halaman rusak. Ini dapat mengakibatkan tombol atau formulir tidak berfungsi, atau seluruh bagian hilang. Secara khusus, ini dapat terjadi ketika Anda mengatur browser Anda seketat mungkin dalam hal memblokir cookie pelacakan dan iklan agresif di web. Jadi jika ini terjadi pada Anda, Anda mungkin harus membuat pilihan antara berurusan dengan situs web yang rusak dari waktu ke waktu, dan memiliki potongan kode yang melacak Anda di seluruh web untuk menjual barang-barang Anda nanti.

Dari halaman pengaturan utama di browser Anda, Anda akan melihat bagian dengan judul yang sesuai dengan baris “privasi, cookie, dan pelacakan”. Di Microsoft Edge, misalnya, klik tiga titik (kanan atas), lalu pilih Pengaturan, lalu Privasi, pencarian, dan layanan. Di bawah judul Pencegahan pelacakan, ada tiga opsi—Dasar, Seimbang, dan Ketat. Anda akan melihat yang terakhir memiliki peringatan tentang hal itu yang berpotensi menyebabkan bagian-bagian situs berhenti bekerja.

Jadi, jika Anda menggunakan Microsoft Edge, dan Anda melihat perilaku aneh di situs saat pencegahan pelacakan diatur ke Ketat, coba pilih Seimbang atau Dasar. Anda tidak akan melihat opsi yang sama persis di browser lain, tetapi akan ada sesuatu yang serupa, jadi Anda harus dapat dengan mudah menonaktifkan pemblokiran iklan dan pelacak. Jika Anda menemukan bahwa situs tertentu hanya berfungsi dengan pelacakan diaktifkan, Anda harus memutuskan apakah Anda lebih suka melepaskan sebagian privasi Anda secara online atau berhenti menggunakan situs sama sekali.

Periksa Koneksi Internet

Saat memecahkan masalah komputer apa pun, Anda perlu mengidentifikasi penyebab pastinya sebelum Anda melakukan hal lain. Jika tidak, Anda mungkin merusak sesuatu yang tidak perlu diperbaiki. Dalam hal ini, itu berarti memastikan bahwa browser Anda yang rusak, bukan, katakanlah, koneksi internet Anda.

Cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mencoba browser lain dan melihat apakah browser tersebut dapat terhubung ke internet. Anda juga dapat mencoba berbagai perangkat (seperti ponsel cerdas dan tablet) dan berbagai aplikasi (seperti aplikasi streaming musik atau film) untuk melihat apakah perangkat tersebut dapat online atau tidak.

Jika semuanya dapat terhubung ke web, maka ya—tampaknya browser web Anda rusak. Jika tidak ada lagi yang dapat mengakses web maka Anda tidak melihat masalah browser, tetapi masalah dengan jaringan rumah Anda. Untungnya, kami juga memiliki ide pemecahan masalah untuk itu.

 

Leave a Reply