Kamis, Juli 7, 2022

Dapat Jadi Krisis Terburuk Di Eropa, 4 Juta Penduduk Ukraina Terancam Terusir Dari Negaranya Karena Pencaplokan Rusia

Kanalbdg.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pekan ini bahwa pencaplokan Rusia atas Ukraina dapat memaksa empat juta penduduk Ukraina mengungsi dari negara mereka. Hal itu akan menjad krisis pengungsi terburuk di Eropa dalam lebih dari 70 tahun.

Menyadur laman VOA Indonesia, Pekan (27/2/2022), Komisioner Tinggi PBB urusan Pengungsi Filippo Grandi, hingga Sabtu (26/2) pagi, lebih dari 150 ribu penduduk Ukraina telah menyeberang ke negara-negara tetangga. Sekeliling 75 ribu di antaranya menyeberang ke Polandia.

Pada Sabtu (26/2) pagi, Grandi mencuit jumlah pengungsi di dalam Ukraina “juga melonjak, tapi situasi militer menyulitkan upaya buat memperkirakan jumlahnya serta buat menyediakan donasi.”

Polandia beserta Moldova, Romania, Slovakia serta Hungaria telah melonggarkan kontrol perbatasan terkait COVID-19 buat memperbolehkan penduduk Ukraina mengungsi ke negara-negara itu. Pemerintah Polandia menyatakan pihaknya membuka perbatasan serta tak akan mewajibkan arsip formal.

Melafalkan Juga:
Profil Volodymyr Zelensky, Sarjana Hukum Berkarir dari Pelawak hingga Menjadi Presiden Ukraina

“Kami akan bantu seluruh orang. Kami tak akan membiarkan siapapun tanpa donasi,” kata dinas perbatasan Polandia.

Menurut kantor warta Associated Press (AP), antrean mobil di Medyka, perbatasan Polandia-Ukraina mendekati 15 kilometer.

Para pengungsi kebanyakan wanita, anak-anak serta lansia, karena Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pekan ini melarang pria usia militer buat meninggalkan negara itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.